BAB 5 Indikator Pencapaian Perkembangan Anak
Sebagai orangtua dan pemerhati anak usia dini, perlu mempelajari indikator pencapaian perkembangan anak usia dini. Disadari sebagian umum orangtua tidak mengetahui berbagai ciri - ciri perkembangan anaknya. Latar belakang pendidikan sangat mempengaruhi serta rasa memiliki peran dalam mendidik anak. 

Nyatanya, banyak kasus - kasus orangtua mendapat pengalaman kegagalan mendidik anak seperti anak mengalami kecanduan gawai, mengalami keterlambatan berbicara, dan anak menjadi tidak bisa dikendalikan. 

Apabila sudah mengalami kejadian seperti gambaran di atas, pasti tidak mampu mengembalikan masa-masa berharga bersama anak. Ironis sekali, kehadiran anak apabila dianggap sebagai beban hidup. Bukan dijadikan bagian anugerah terindah dari Tuhan. Maka disinilah alasan utama untuk senantiasa mempelajari secara mendalam berbagai fase-fase usia perkembangan anak usia dini serta melakukan praktik-praktik stimulasi yang tepat melalui pengasuhan, perawatan dan pendidikan bagi anak.

Indikator pencapaian perkembangan anak usia dini adalah standar-standar kemampuan yang diharapkan anak mampu mencapainya dengan baik. Dengan kata lain, indikator diartikan sebagai ciri-ciri tumbuh kembang anak menurut usia. 

Indikator pencapaian perkembangan anak usia dini sering digunakan oleh guru PAUD dalam merancang pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran dan membuat aspek-aspek penilaian yang akan digambarkan secara naratif pada laporan hasil perkembangan anak selama bersekolah. 

Kegunaan indikator pencapaian perkembangan anak usia dini tidak sebatas untuk ranah pembelajaran di sekolah. Namun, untuk orangtua pun dapat digunakan dirumah. Cara yang paling tepat menggunakannya melalui aktivitas komunikasi kepada guru PAUD. Bentuk komunikasi tersebut dapat dikatakan sebagai keterlibatan orangtua dalam berpartisipasi meningkatkan kemampuan anak dirumah.

Indikator pencapaian perkembangan anak merupakan produk pengembangan kurikulum dan standar PAUD terbaru. Para pakar di bidang interdisipliner telah merumuskan secara lengkap melalui berbagai pendekatan. Rumusan di dalam indikator pencapaian perkembangan anak berisi kategori usia, aspek perkembangan (nilai agama dan moral, kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial emosional dan seni). Usia lahir-6 tahun adalah usia-usia awal yang menjadi fokus pada indikator pencapaian perkembangan anak usia dini.

Anda dapat mempelajari indikator pencapaian perkembangan anak dalam naskah permendikbud nomor 134 Tahun 2014 yang menyempurnakan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009. Sehingga dengan mengetahui indikator pencapaian perkembangan anak usia dini, anda dapat memprediksi perkembangan anak pada tahum berikutnya serta menyiapkan berbagai latihan-latihan untuk membantu anak memiliki kemampuan yang diharapkan oleh anak.