BAB 6: Mengenal Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014
LAMPIRAN I
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI STANDAR ISI TENTANG TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK


Usia lahir - 2 tahun merupakan fase awal kehidupan manusia mengenal dunia. Anda tentu telah mengalami fase tersebut. Apakah ingin mengulang masa-masa itu? 

Berbagai pengalaman anak pada fase tersebut menjadi pengantar untuk melalui tahap-tahap perkembangan secara sistematis. Anda menyadari bayi yang baru lahir akan menangis memecah ruangan persalinan. Ia mencari puting ibunya untuk pertama kali membentuk kelekatan diri. Ayah pun menggendong tubuhnya yang mungil serta mengumandangkan adzan dan memberikan nama terindah. Pakar kesehatan ibu dan anak dikutip dalam Soetjiningsih (2015:39) menyatakan bahwa sebagai pasangan ibu dan ayah perlu memberikan rangsangan, pemenuhan gizi, serta latihan-latihan motorik, pendengaran dan pengelihatan anak usia lahir-2 tahun pada masa 1000 hari pertama kelahiran (HPK). Definisi Indikator pencapaian perkembangan anak adalah kontinum/rentang perkembangan anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun (https://www.paud.id.com).

Maka, atas gambaran pengalaman di atas penulis pun akan memberikan materi-materi berisi indikator pencapaian perkembangan anak usia lahir-2 tahun sebagai informasi untuk anda selaku orangtua untuk tidak menyia-nyiakan masa keemasan anak usia dini tersebut. Tujuanya adalah agar orantua mengetahui fase-fase perkembangan anak berdasarkan usianya. Dengan kata lain, agar orang tua tidak menunjukkan perilaku membanding-bandingkan anak yang satu dengan anak lain terutama pada kasus lamban berbicara dan berjalan.

Anda pun perlu memahami terdapat klasifikasi (pembagian) usia dalam indikator percapaian perkembangan yang antara lain sebagai berikut:
a. lahir sampai dengan usia 3 bulan; 
b. usia 3 bulan sampai dengan usia 6 bulan;
c. usia 6 bulan sampai dengan usia 9 bulan;
d. usia 9 bulan sampai dengan usia 12 bulan;
e. usia 12 bulan sampai dengan usia 18 bulan;
f. usia 18 bulan sampai dengan usia 2 tahun;
g. usia 2 tahun sampai dengan usia 3 tahun;
h. usia 3 tahun sampai dengan usia 4 tahun;
i. usia 4 tahun sampai dengan usia 5 tahun; dan
j. usia 5 tahun sampai dengan usia 6 tahun.

Aspek perkembangan nilai agama dan moral
(Usia 0-3 bulan, 3-6 bulan,  6-9 bulan, dan 9-12 bulan)

Anak menjadi tenang pada saat diperdengarkan hal-hal yang terkait dengan agama (misal: menyanyikan  lagu rohani dan membacakan ayat-ayat dalam kitab suci. Itulah petikan isi permendikbud nomor 137 tahun 2014 yang bisa anda gunakan untuk acuan melakukan pengamatan serta penilaian pada perkembangan anak usia dini.