Maroon
Merah marun

Merah marun merupakan salah satu jenis warna merah tua. Warna ini juga dikenal dengan sebutan "merah manggis", "merah pulasan", "merun", dan "merah hati".

Merah marun     Koordinat warnaTriplet hex#800000sRGBB    (r, g, b)(128, 0, 0)HSV       (h, s, v)(0°, 100%, 50%)SumberX11[1]B: Dinormalkan ke [0–255] (bita)

Arti Warna Merah Maroon Informasitips

informasitips Menurut sejarah warna maroon ditetapkan sebagai sebutan untuk warna merah gelap di Inggris pada tahun 1789 Walaupun sebenarnya warna maroon telah digunakan sejak tahun 1500 an Pada pertengahan abad 17 di Inggris maroon adalah sebuah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang tidak mau diatur atau yang tidak kenal aturan dan kerap dianggap liar 

Merah kebiru-biruan tua, itu menandakan tindakan terkontrol 

dan lebih bijaksana. Ini sedikit lebih lembut dari merah anggur dan tidak sedramatis merah sejati.

Banyak yang berpendapat bahwa warna Merah Maroon gak terlalu mencolok dan cenderung kalem, karena sebenarnya Maroon adalah warna merah Tua.

Merah Maroon memiliki nama lain yang akrab di telinga kita seperti halnya "Merah Manggis", "Merah Pulasan", "Merun" dan yang akrab banget di dengar "Merah Hati", nah loh, pasti banyak yang sering nyebut warna Maroon dengan merah Hati atau Merah Ati kan?

Pasalnya warna Merah Maroon itu adalah warna Merah yang cenderung kecoklatan dan gelap. Nama Maroon sendiri berasal dari bahasa Prancis atau juga disebut Kastanye. Kalau di indonesia sendiri sih lebih populer di panggil merah hati atau Marun

Maroon merupakan warna yang dihasilkan dari campuran merah dan cokelat sehingga sering dideskripsikan sebagai merah gelap kecokelatan. Warna merah gelap dari maroon juga kerap disebut dengan nama wine karena memiliki warna yang menyerupai warna minuman tersebut.  Warna ini biasanya ditemukan dalam pilihan warna lipstiklip tint, maupun eyeshadow.

Warna maroon atau dikenal dengan brownish-crimson atau dark brownish-red, dan dalam bahasa Indonesia sering disebut merah hati merupakan warna yang pertama kali didokumentasikan pada tahun 1789. Awalnya berasal dari bahasa Prancis untuk sebutan jenis kacang-kacangan Marron, yang juga terdapat di Italia dengan nama Marrone.

Warna Maroon ini memiliki gradasi warna yang beragam dan terdapat 4 jenis warna maroon paling populer diantaranya:

  1. Maroon
  2. Bright Maroon
  3. Rich Maroon
  4. Dark Red

Warna maroon banyak digunakan sebagai warna sekolah dan universitas di dunia salah satunya University of Chicago. Termasuk juga digunakan sebagai nama band kenamaan Maroon 5.

Apa sih makna secara psikologis warna maroon ini?

Warna maroon sering digunakan sebagai ciri khas warna sekolah, restoran, kendaraan, pakaian hingga interior rumah. Saat digunakan untuk warna utama bagian interior restoran ternyata dapat meningkatkan selera makan.

Jika marun dipakai sebagai warna dasar pakaian dapat menarik perhatian serta menunjukkan gairah. Sedangkan warna maroon pada kendaraan menunjukan profesionalisme serta passion.
Warna maroon pun memiliki makna psikologis yang mengindikasikan dapat mengendalikan diri serta bijaksana.

Antara kedua warna kece tersebut, manakah warna yang lebih menujukkan dirimu? Jawab dikolom komentar ya sob!

Referensi:
Wikipedia
Colorpshycology.org
www.empower-yourself-with-colour pychology.com 

informasitipscom