TIPS NAIK JENJANG
TIPS NAIK JENJANG DENGAN CEPAT. 

Tulisan ini saya dedikasikan buat teman-teman penulis pemula di KBM app. 

Salam kenal. 

Bagaimana agar teman-teman dapat naik jenjang minimal ke STAR dan BRONZE tidak terlalu lama? 

Tips 1. Punya stok cerbung tamat. Kenapa penting? 

Cerbung yang tamat menunjukkan kesungguhan penulis menyelesaikan cerita. Dari sini, juga terlihat bahwa penulis tidak sekedar menulis, namun memiliki perencanaan dari awal sampai akhir, mau dibawa ke mana ceritanya. Dengan memiliki minimal satu cerita tamat, maka akan meningkatkan kepercayaan pembaca untuk mengikuti cerita anda yang lain. 

Kedua, cerbung yang tamat adalah investasi. Dari cerbung yang tamat, kita akan memperoleh unlock. Semakin kita mempromosikan cebrung tamat, maka, semakin banyak pendapatan yang kita perolah. 

Bandingkan dengan kita mempromosikan cerbung yang belum tamat, tentu hasil yang diperolah akan lebih banyak dari cerbung yang masih on going. 

Tips 2. Rajin promosi

Kita punya cerbung, namun kalau tidak pernah promosi, maka, akan sepi pembaca. 

Menulis cerbung di platform online, sama dengan kita berjualan. Kalau kita tidak pernah menawarkan dagangan, maka tidak ada pembeli yang tahu kalau kita sedang berjualan. Demikian juga dengan menulis cerbung di platform online, seperti KBM. Hanya dengan rajin promosi, kita akan berpotensi mendapatkan semakin banyak pembaca.

Banyak media promosi yang gratis, terutama sosial media, kenapa tidak kita manfaatkan? Promosikan tulisan di FB dan promosikan konten cerbung di IG, mudah dan murah. 

Tips 3. Perbaiki kualitas tulisan. 

Sudah punya cerbung tamat, sudah promo, tapi, kok masih sepi unlock. Bisa jadi, tulisan kita masih kurang greget. Jangan ragu untuk menerima masukan dan kritik. Ingat, pembaca platform online, tidak seperti pembaca buku cetak. Dia akan cepat meninggalkan kita, kala bab pertama kurang menggigit. Namun, dia akan tetap setia, meski berapapun, jika dia sudah mengikuti kita. 

Tips 4. Belajar dari banyak sumber

Cara paling cepat naik jenjang adalah mau belajar. Pelajari penulis yang sukses. Bukan meniru ide cerbungnya, tapi meniru ide promosinya. Perhatikan mengapa mereka bisa mendapatkan like sampai ribuan di FB. Apakah kita harus mendapatkan like ribuan? Tidak harus. Tapi, paling tidak ada hal yang dapat dipelajari dari like yang ribuan itu. 

Tips 5. Pantang menyerah

Tidak mudah putus asa. Dibalik kesulitan, pasti ada jalan. 

Selamat mencoba.