Alas Kata
Hobi merupakan sebuah kegemaran atau sebuah kebiasaan untuk melakukan sesuatu yang dilakukan dengan intensitas yang tinggi guna mendapatkan sebuah kepuasan tertentu.

Hobi merupakan hal yang sangat wajar bila dimiliki oleh setiap orang. Kebanyakan orang menggunakan hobi meraka ini sebagai sarana untuk melepas kepenatan, kerinduan, atau mencari kesenangan untuk sejenak keluar dari rutinitas sehari-hari.

Hobi ini  tumbuh secara otodidak ada didalam diri pribadi kita masing-masing. Hobi sangat berguna bagi obat kejenuhan kita, dapat menghibur kita dalam kesidihan, selain itu hobi juga dapat membentuk karakter kita masing, baik dari karakter emosi, karakter seni, karakter bentuk tubuh, dan segala karakter pribadi seseorang dan juga dapat mengembangkan imajinasi kita.

Ada berbagai jenis hobi yang dapat kita jumpai dalam masyarakat. Dan yang pasti, semua hobi yang kita miliki tersebut adalah jenis hobi yang bersifat positif. Artinya, tidak banyak merugikan diri sendiri maupun orang lain

Tahukah jika ternyata hobi juga dapat mendatangkan keuntungan, bahkan dapat dijadikan sebagai sumber mata pencarian kita yang tetap ?
Tentu, karena tidak semua hobi yang kita miliki itu hanya mendatangkan kesenangan dalam hal kepuasan hati, tetapi juga mampu mendatangkan kesenangan dalam hal perekonomian karena mampu menjadi sumber mata pencarian tetap kita.

Bagaimana hal tersebut dapat terjadi ?
Mudah, kita hanya perlu menekuni hobi kita tersebut dan mulai berpikir untuk mengembangkannya sebagai lahan usaha.

Karena sebelumnya kita tentu tahu kan mengenai seluk beluk hobi kita ini, nah dengan modal pengetahuan kita yang mendalam tentang sesuatu hal inilah yang kemudian dapat kita tumbuh kembangkan menjadi lahan bisnis pribadi untuk kita.
Hobi adalah hal indah dan menyenangkan untuk dilakukan.