no_image
Sinopsis

Bulan dan Bintang adalah dua bersaudara dari seorang wanita single parent yang gigih berjuang membesarkan kedua buah hatinya sendirian, Bumi.

Hanya bertiga, mereka hidup di sepetak sewaan kumuh, melalui tahun-tahun perjuangan untuk bertahan.

Masa-masa yang berat lalu menguatkan tekad dua buah hatinya untuk mengangkat derajat Bumi sebagai ibu yang paling melindungi mereka.

Menanamkan prinsip-prinsip bertahan dalam kejujuran dan kegigihan.

Semua hal yang mewarnai kehidupan pahit yang mereka lalui hanya untuk bertahan dan menggantung impian.

Membanting tulang demi bertahan hidup menjadi keseharian yang diwariskan. Berdagang gorengan, memulung sampah, menjadi suruhan orang, dan beragam pekerjaan kasar yang halal.

Kesulitan dan kekurangan hidup yang tak menyurutkan langkah Bulan dan Bintang untuk menjadi anak-anak berprestasi hanya demi beasiswa, agar bisa sekolah dengan gratis. Hingga menjadi mahasiswi penerima beasiswa perguruan tinggi pada kampus ternama di Indonesia tanpa sepeserpun biaya.

Namun, ada satu pertanyaan yang tak kunjung terjawab hingga Bulan dan Bintang beranjak dewasa, yakni pertanyaan yang tertanam kuat dalam benak, dimana Matahari, ayah mereka?

Bulan dan Bintang selalu kesulitan menjawab pertanyaan yang ditanyakan orang-orang. Menanti dalam ketidakpastian setiap hari. Hingga tahun-tahun berganti dan pelabuhan rindu itu tak pernah menyapa meski dalam kabar samasekali.

Dimana Matahari? Bukankah mestinya menerangi? Apa yang disembunyikan Bumi dari Bulan dan Bintang? Hanya meminta menanti dan bercita-cita mencari Matahari tapi tak boleh membenci.

Berbelas tahun kemudian, sebuah surat diantar oleh seseorang, menjawab semua rahasia yang sejak lama ditanyakan oleh Bulan dan Bintang. Kejujuran yang melabuhkan penantian dengan tanya yang menjulang, haruskah rindu itu akhirnya dilabuhkan?

Surat itu, surat dari Matahari.

This is true story.

Tags
KBM writing contest true story cinta rindu ayah ibu keluarga mimpi sendu belenggu bergelora sandiwara halu senja keramat

  • Tanggal diterbitkan
  • 27 Januari 2022
  • Kategori
  • KBM Writing Contest
  • Status
  • Selesai